logoblog

Cari

Hujan Turun, Petani ”Ngampar” Bibit Padi

Hujan Turun, Petani ”Ngampar” Bibit Padi

KM RENSING BAT - http://rensingbatdesa.blogspot.com. Hujan yang mengguyur wilayah Desa Rensing Bat dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini disambut gembira

Rupa-Rupa

KM_Rensing Bat
Oleh KM_Rensing Bat
05 Desember, 2014 07:19:58
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 14520 Kali

KM RENSING BAT - http://rensingbatdesa.blogspot.com. Hujan yang mengguyur wilayah Desa Rensing Bat dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini disambut gembira para petani khususnya di Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Mereka pun telah mulai bersiap-siap menyemai padi atau istilah bahasa sasaknya “ngampar”.

''Kami sangat bersyukur atas turunnya hujan beberapa hari terahir, ini berarti waktu menanam padi akan segera dimulai.'' tutur seorang petani di Dusun Rensing Bat, H. Zainal Muttaqin, Rabu (3/12).

Mantan Kades Rensing dua periode ini mengaku bahwa musim tanam kali ini sedikit mengalami keterlambatan tanam, ini disebabkan karena pertama minimnya curah hujan selama November 2014 sehingga para petani kekurangan pasokan air, kedua karena aliran air dari bendungan pandanduri dihentikan sementara sejak pengisian awal waduk (Initial Impounding) Bendungan Pandanduri yang dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto pada tanggal 14 September 2014 lalu.

 

Baca Juga :


Turunnya hujan sejak ahir Nopember 2014 lalu seakan menjadi instruksi tidak langsung bagi para petani Desa Rensing Bat untuk memulai persiapan menanam padi, mereka keluar masuk sawahnya setiap hari untuk mempersiapkan lahan mereka dan melakukan penyemaian padi. Adapun lama penyemaian padi biasanya berkisar antara 20 - 30 hari sehingga diperkirakan minggu terakhir bulan Desember 2014 atau awal Januari 2015 para petani sudah menggarap lahannya dan menanam bibit padi yang sudah disemai.[] - 01



 
KM_Rensing Bat

KM_Rensing Bat

Hidup sederhana itulah bahagia. A@angzie, WA 087758488407 (penulis), Desa Rensing Bat Sakra Barat-Lotim

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan