logoblog

Cari

9 Tuntutan Harus Dijalani PT Bunga Raya

9 Tuntutan Harus Dijalani PT Bunga Raya

KM-Madapangga—Kelompok masyarakat desa Monggo kecamatan Madapangga kabupaten Bima kembali melakukan aksi menuntut PT Bunga Raya untuk hengkang dari desa Monggo, baru-baru

Rupa-Rupa

KM Madapangga
Oleh KM Madapangga
01 November, 2014 22:40:38
Rupa-Rupa
Komentar: 1
Dibaca: 10376 Kali

KM-Madapangga—Kelompok masyarakat desa Monggo kecamatan Madapangga kabupaten Bima kembali melakukan aksi menuntut PT Bunga Raya untuk hengkang dari desa Monggo, baru-baru ini. PT Bunga Raya merupakan perusahan pengelola material bahan pembuatan aspal jalan yang telah lama beroperasi di desa tersebut.

                Menurut kelompok masyarakat setempat, keberadaan PT Bunga Raya di desa Monggo tidak menguntungkan masyarakat Madapangga khususnya lagi desa Monggo. Sebaliknya, aktifitas PT Bunga Raya sangat merugikan masyarakat karena sumberdaya alam di Madapangga, diambil dan dimanfaatkan bagi keuntungan perusahaan tersebut.

                Awal dari tuntutan itu, pihak PT Bunga Raya terkesan menolak atas permintaan warga terkait kebutuhan kelompok pemuda di desa Monggo. Permohonan tersebut sebagai persiapan laga club sepak bola pemuda setempat, seperti baju kostum sepak bola.

                Akibat kesal dan kurang direspon oleh pihak PT Bunga Raya, gabungan mahasiswa Monggo dan warga masyarakat setempat, akhirnya menutup pintu keluar masuk sehingga akifitas di perusahaan itu dihentikan.

                Ada sembilan tuntutan lewat aksi mereka—diantaranya adalah PT Bunga Raya segera menghijauhkan kembali lingkungan sekitar kawasan yang terkena dampak dari pembakaran batu bara, mengangkat karyawan yang bekerja selama tiga tahun menjadi karyawan tetap, memberikan jaminan kesehatan bagi para pekerja, transparasi terhadap konstribusi yang diberikan bagi sejumlah desa terutama desa Monggo, pemberian gaji karyawan dengan mengacu Upah Minimum Regional (UMR), merubah jadwal operasional sehingga aktivitas yang dilakukan malam hari sangat meresahkan masyarakat sekitar, bertanggung jawab atas musibah seperti yang dialami oleh dua orang karyawan yang meninggal beberapa tahun lalu, dan memperbaiki kembali lokasi-lokasi penggalian C yang ditinggalkan dalam kondisi memprihatingkan.

                Pantauan langsung kampung-media.com—aksi tutup mati pintu keluar masuk kendaraan di perusahaan itu, dilakukan menggunakan potongan balok kayu, batu dan benda-benda tumpul lainnya. Sementara aparat kepolisian Polsek Madapangga dibantu anggota Detasemen Brimo Kompi A Kota Bima, terlihat siaga akan adanya aksi anarkis pendemo. Namun setelah menutup mati pintu masuk di perusahaan itu, masa aksi pun membubarkan diri.  

 

Baca Juga :


                Namun, menurut koordinator lapangan PT Bunga Raya Yudi Ilham kepada wartawan, bahwa apa yang menjadi tuntutan mereka telah dijalankan oleh PT Bunga Raya. Salah satunya adalah konstribusi untuk seluruh desa di kecamatan Madapangga.

“Bahkan setiap bulan di desa Monggo diberikan bantuan dana, seperti Rp1 juta untuk lembaga BPD, dan Rp500 ribu bagi Karang Taruna,” kata Yudi.

Menyinggung persoalan lingkungan, kata Yudi, PT Bunga Raya tidak melakukan penghijauan lingkungan, melainkan bantuan pupuk bagi para petani senilai Rp30 juta.

Yudi tak bisa menjawab persoalan-persoalan dampak lingkungan akibat pengaruh pembakaran batu bara dalam perusahaan itu. Bahkan dalam memberikan jawaban terkait dampak lingkungan, justru Yudi menjawab dengan persoalan lainnya yang menurut mereka sangat baik bagi masyarakat.(ilham) - 01



 
KM Madapangga

KM Madapangga

"Kesalahan bukan berarti kita tak mampu merubah sesuatu yang menjadi tujuan hidup" Ketua : Rini Suryani Anggota : Habe, Muhsen, Suharmini, Muhdar email : kmmadapangga@ymail.com Handphone : (+62) 85253570847

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM LENGGE

    KM LENGGE

    03 November, 2014

    JANGAN SAMPAI KITA MASYARAKAT YG MENJADI KORBAN DARI PENGELOAAN YG TIDAK BERPIHAK TERHADAP LINGKUNGAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, MASYARAKAT HARUS MENUNTUT JANJI DAN KOMPENSASI UNTUK DESA-DESA DISEKITAR PERUSAAN.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan