logoblog

Cari

Penambangan Batu dan Pasir

Penambangan Batu dan Pasir

KM Sambang Kampung- Mencari sesuap nasi itulah yang selalu kita dengar dari orang yang berjuang untuk mencari nafkah dengan cara menambang

Rupa-Rupa

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
08 Mei, 2014 22:42:27
Rupa-Rupa
Komentar: 2
Dibaca: 13438 Kali

KM Sambang Kampung- Mencari sesuap nasi itulah yang selalu kita dengar dari orang yang berjuang untuk mencari nafkah dengan cara menambang pasir dan batu di Kelurahan Tanjung Kecamatan Labuhan Haji. Mereka secara berkelompok mengambil pasir dan batu dari sungai yang berada dibawah kuburan Desa Teros. Mereka mulai bekerja dari pagi hingga sore hari. Pasir dan batu mereka timbun dipinggir jalan berharap ada yang akan membeli.

Hasil yang diperoleh dari menambang pasir dan batu cukup lumayan meski harus bekerja sekuat tenaga. Satu dam truk batu dijual dengan harga Rp 900.000 tergantung ukuran pecahan batu, sedangkan pasir satu dam truk seharga Rp 200.000. untuk mendapatkan satu dam truk mereka harus bekerja sampai 3 hari sedangkan untuk memacahkan batu membuthkan waktu satu minggu untuk satu dam truk.

Menurut Harahap salah seorang penambang batu dan pasir mengatakan bahwa pekerjaan ini kami lakukan untuk membiayai anak-anak yang sedang duduk di bangku SMP, dan hanya inilah sumber penghasilan kami. Mereka tidak memiliki keterampilan lain seperti bertani, berdagang dan berwirausaha lainnya, yang mereka dapat lakukan hanya menambang batu dan pasir.

 

Baca Juga :


Suka duka menjadi penambang pasir dan batu banyak sekali, kalau sukanya mereka setiap hari berkumpul, bercerita dan bermain di lokasi penambangan tidak ada suara-suara miring yang mereka dengar, sedangkan dukanya adalah ketika hujan dan banjir datang mereka tidak bisa bekerja sehingga penghasilan merekapun berkurang. (Uyik)



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    09 Mei, 2014

    dari pada mencuri atau pekerjaan lain yang tidak halal, lebih baik menambang pasir, tapi penting diingat keselamatan diri dan masyarakat.


    1. KM. Sambang Kampung

      KM. Sambang Kampung

      13 Mei, 2014

      setuju....mereka sangat berharap dari tambang pasir dan batu utk kelanjutan hidup...


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan