logoblog

Cari

Lomba Jukung Mini Komunitas Pemuda Gagelang

Lomba Jukung Mini Komunitas Pemuda Gagelang

Taliwang (27/2), Jukung (bahasa suku sumbawa-red) atau sampan atau perahu merupakan alat untuk menangkap ikan bagi para nelayan khususnya yang berada

Rupa-Rupa

KM. Brang Ene
Oleh KM. Brang Ene
27 Februari, 2014 13:47:38
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 25006 Kali

Taliwang (27/2), Jukung (bahasa suku sumbawa-red) atau sampan atau perahu merupakan alat untuk menangkap ikan bagi para nelayan khususnya yang berada di wilayah pesisir pantai atau danau. Oleh kelompok pemuda "Gagelang" Desa Labuan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, jukung ini dimodifikasikan menjadi Jukung mini. Jukung mini dibuat dengan ukuran panjang bervariasi antara 30 – 50 cm dan lebar 5 cm yang didesain dengan corak warna yang beragam dan indah. Untuk mempercepat lajunya jukung tersebut, Jukung dimodifikasi dengan menggunakan dynamo tape recorder yang disambungkan dengan batrey Handphone sehingga kecepatan lajunya mencapai 30-50 Meter per jamnya.

A. Latif , ketua panitia penyelenggara lomba mengatakan bahwa lomba jukung mini ini merupakan agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun atau lomba tahunan bagi masyarakat sekitar pesisir pantai Labuan lalar. “ Jika dilihat dari antusias peserta lomba, sudah lebih dari 100 jukung mini yang berkompetisi di lomba ini. Ini adalah hal yang cukup membangggakan bagi kami sehingga kedepan kami akan mengundang peserta dari desa-desa lain. Harapan kami, even ini akan menjadi even tingkat Kabupaten Sumbawa Barat dan menjadi alternatif hiburan dan rekreasi bagi masyarakat“ terangnya.

Aturan permainan yang diterapkan di lomba ini yaitu Jukung mini dilombakan di kolam berukuran 10 x 20 Meter yang akan melaju 2 kali putaran. Apabila jukung keluar dari arena,maka panitia akan menggugurkan peserta, namun peserta yang gugur ini dapat mengikuti lomba pada tahap berikutnya.Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 10.000 / jukung, tak menyurutkan niat peserta untuk ikut larut dalam sorak sorai penonton yang memberi semangat kepada pemilik jukung ini. Jukung  yang pertama melintasi garis finish, itulah pemenangnya.

 

Baca Juga :


Lomba ini menjadi salah satu motivator bagi pemuda Desa Lab. Lalar dalam berkreasi dan menciptakan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat mempererat silaturahmi dan kekeluargaan bagi warga Desa Lab. Lalar. Anda ingin mencoba ikut dalam  lomba ini?  yuk mari kita main ke Lab. Lalar dan saksikan langsung serunya lomba ini. Yakinlah segala ketegangan urat saraf akan mereda seketika....Berminat?? (tifa) - (01)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan