logoblog

Cari

Semangat Panjat Pinang

Semangat Panjat Pinang

KM Sambang Kampung- Panjat Pinang merupakan hiburan rakyat untuk memeriahkan acara hari besar dimana  peserta harus memanjat pinang yang sudah di

Rupa-Rupa

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
23 Januari, 2014 02:21:48
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 8254 Kali

KM Sambang Kampung- Panjat Pinang merupakan hiburan rakyat untuk memeriahkan acara hari besar dimana  peserta harus memanjat pinang yang sudah di olesi pelumas (oli) untuk mendapatkan hadiah yang digantung diatas pohon pinang tersebut. Pinang yang diolesi pelumas tersebut akanmenjadi licin sehingga untuk mencapai puncak akan sangat sulit sekali. Untuk mencapai puncak pinang peserta akan bekerjasama saling bahu membahu setelah sampai dipuncak peserta akan mengambil hadiah yang tergantung dan akan membaginya kepadapeserta yang lain.

Sorak penonton akan menjadi penyemangat bagi peserta untuk dapat mencapai puncak, terkadang peserta  sudah mau mencapai puncak namun karena pinang yang licin peserta melorot lagi kebawah sehingga akan mengundang tawa dan rasa penasaran penonton. Pelaksanaan panjat pinang di Dusun Mudung Barat Desa Anggaraksa dilaksanakan untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad, SAW. Permainan panjat pinang ini dilaksanakan Senin (20/1) yang lalu. Hadiah yang diperebutkan juga sangat menarik seperti baju, paying, sandal, makan, minuman dan hadiah lainnya.

Makna dan semangat panjat pinang inilah yang diharapkan berkembang dimasyarakat yaitu kebersamaan, toleransi, sportifitas, pantang menyerah, dan hal-hal lain yang bersifat positif. Menurut panitia Maulid Nabi Muhammad, SAW. Dusun Mudung Barat bahwa dengan adanya hiburan rakyat ini masyarakat diharapkan dapat memetik hikmah dibalik semua ini bukan hanya sekedar hiburan akan tetapi ada penyemangat untuk terus maju dimana untuk memperoleh sebuah keberhasilan dibutuhkan pengorbanan tidak hanya sekedar berpangku tangan.

 

Baca Juga :


Semoga dengan adanya hiburan panjat pinang ini mampu merubah pola pikir masyarakat yang sifatnya instan saja menjadi sebuah perjuangan yang akan menghasilkan kekuatan yang dahsat untuk meraih kesejahteraan secara bersama-sama. Perjuangan memang membutuhkan kebersamaan sehingga segala masalah mudah untuk dipecahkan. (Nadia)



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan