logoblog

Cari

Begawe, Media Pererat Silaturrahmi

Begawe, Media Pererat Silaturrahmi

Narmada KM, Menyebut kata "Begawe" adalah sesuatu yang sangat familier ditelinga orang orang yang mendiami Pulau lombok terutama dari kalangan suku Sasak, Begawe

Rupa-Rupa

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
05 Januari, 2014 20:53:31
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 7861 Kali

Narmada KM, Menyebut kata "Begawe" adalah sesuatu yang sangat familier ditelinga orang orang yang mendiami Pulau lombok terutama dari kalangan suku Sasak, Begawe adalah kegiatan syukuran atau pesta yang biasa dilakukan masyarakat suku sasak dalam merayakan sesuatu, seperti acara pernikahan (Nyongkolan dan nanggep dalam bahasa sasak), khitanan, ngurisan dan kegiatan syukuran lainnya. Biasanya penduduk dalam kampung yang sama dan kampung tetangga yang berdekatan datang ke rumah pemilik acara atau epen gawe (sasak red.) sambil membawa baskom yang beisi beras dan gula bahkan di beberapa kampung ada yang membawa hasil pertanian mereka, kemudian setelah pulang mereka membawa "Berkat" atau oleh-oleh dari pemilik rumah biasanya berupa nasi beserta lauknya dan aneka jajan-jajan tradisional. 

Yang luar biasa dan keunikannya semua kegiatan dari proses persiapan sampai pelaksanaan acara begawe tersebut dilakukan secara bersama sama dan tergabung dalam kelompok Banjar, Para ibu ibu sibuk menyiapkan berbagai jenis  jajanan tradisional serta minumannya, sementara yang laki laki menyiapkan makanan dan lauk pauknya. Itu semua dikerjakan secara bersama sama hingga kebersamaan, kekompakan, jalinan silaturrahmi dan rasa persaudaraan sangat terlihat nyata.

Seperti yang terjadi pagi itu, Minggu 5 Januari 2014  di Kebon belek sebuah dusun dikecamatan Narmada sedang ada acara begawe Khitanan, dari pagi buta warga kampung tersebut dan kampung tetangga disekitarnya datang berbondong bondong kerumah epen gawe tempat acara dilaksanakan.

Amak Eni seorang tokoh adat desa setempat mengungkapkan rasa syukurnya karena masyarakat disekitar kampungnya masih mempertahan tradisi ini yang didapat secara turun temurun dari nenek moyangnya sampai sekarang, karena dengan cara begawe seperti ini selain sebagai sarana mempererat silaturrahmi juga bisa menekan biaya pelaksanaannya disebabkan bantuan semua warga yang lain lewat kumpulan banjar yang ada.

 

Baca Juga :




 
Desa Mekar Sari Narmada

Desa Mekar Sari Narmada

Posisi di Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB TIM : Abdul Satar, Zikrul Hamdani, Rizal Basri, H Abd. Rahim Salim, Abdul Mustar, Maryatun Hasanah Email : satar.tempit@gmail.com HP : 087864350004

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan