logoblog

Cari

Tutup Iklan

Abu Bongoh Berhaji

Abu Bongoh Berhaji

Abu Bongoh sadar kalau dia tak bisa berbahasa Arab. Maka agar tak tersesat di jalan, Ia berinisiatif untuk mencatat sebuah kalimat

Rupa-Rupa

Abu Bongoh Berhaji

Abu Bongoh Berhaji

Abu Macel
Oleh Abu Macel
19 Desember, 2013 16:43:28
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 1832 Kali

Abu Bongoh sadar kalau dia tak bisa berbahasa Arab. Maka agar tak tersesat di jalan, Ia berinisiatif untuk mencatat sebuah kalimat Arab yang ada di sekitar Maktabnya. Kalimat Arab itu ditulis dengan huruf yang cukup besar di kertas putih berukuran folio. Baginya kalimat itu bisa membantunya jika tersesat di jalan, dan orang-orang akan menunjukkan lokasi Maktabnya.
Setelah selesai melaksanakan Shalat Shubuh di Masjidil Haram, ia bermaksud kembali ke Maktabnya. Kemudian Ia menumpang Taxi.
“Fin ruh…?” Kata sang sopir, yang maksudnya “Mau kemana..?” Abu Bongoh langsung menunjukkan kertas putih yang bertuliskan kalimat arab tersebut. Taxipun meluncur ditengah keramaian. Tigapuluh menit berjalan, sang sopir bertanya lagi, “Fin ruh..?” Abu Bongoh kembali menunjukkan kertas putih tersebut. Taxipun melesat lagi. Begitu seterusny hingga perjalan memakan waktu hampir tiga jam.
Karena merasa ada sesuatu yang tak beres, iapun kemudian meminta turun dari Taxi. Abu Bongoh melihat sekelilingnya, sedikitpun Ia tak melihat ada tulisan seperti dalam kertas itu.
Dalam keadaan bingung, ia bertemu dengan seseorang yang berasal dari Indonesia.
“Maaf Pak, apakah Bapak bisa berbahasa arab?” Tanya Bongoh.
“Ya, saya sudah lama tinggal disini. Kenapa Pak? Ada yang bisa saya Bantu?” katanya ramah.
“Sudah tiga jam saya berjalan menuju Maktab, namun belum juga bisa menemukannya. Tolong Bantu saya untuk menunjukkan lokasi Maktab ini.” Katanya sambil menunjukkan tulisan tersebut.
“Pantas saja Bapak tak menemukan Maktabnya,” katanya tersenyum.
“Mengapa Pak?” Tanya Bongoh.
“Karena tulisan berbunyi Mamnu’ah bil Baul artinya Dilarang Kencing Disini?”

Baca Juga :




 

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan